Apa itu React Native

React Native adalah sebuah framework open source yang dibuat oleh Meta Platforms (dulunya disebut facebook), karena bersifat open source jadi react native juga dibantu perkembangannya oleh komunitas.

Dengan menggunakan react native kita bisa membuat sebuah aplikasi dengan mudah, secara default ketika kita membuat sebuah aplikasi dengan react native maka kita bisa menjalankannya di android dan ios secara sekaligus.


Selain itu sekarang react native juga sudah bisa dijalankan di Android TV, macOS, tvOS, Web, Windows and UWP. Jadi kita bisa belajar satu teknologi, bisa untuk membuat berbagai jenis aplikasi di berbagai platform.


Kalau misalkan saja anda menggunakan bahasa pemrograman java untuk membuat aplikasi android atau swift untuk membuat aplikasi ios anda harus membuat aplikasinya satu satu, jadi satu bahasa pemrograman dapet satu aplikasi, sedangkan react native satu bahasa pemrograman bisa berjalan di banyak platform sekaligus.


Memang ada kelebihannya tersendiri jika menggunakan native seperti java atau swift, akan tetapi dari sisi bisnis, ketika kita membuat aplikasi dengan menggunakan react native, bisa lebih hemat biaya karena tidak perlu mempekerjakan banyak programmer untuk mengurus di masing-masing platform.


Bagi anda yang tertarik untuk belajar tentang react native, bisa belajar tentang react native di channel youtube saya Gus Nando, saya ada membahas tentang bagaimana caranya belajar react native dalam 2 jam, jika anda berminat bisa klik link ini


Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/React_Native

https://reactnative.dev/

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama